fbpx
Kata – Kata yang Mempengaruhi dan Cara Meyakinkan Calon Konsumen

Kata – Kata yang Mempengaruhi dan Cara Meyakinkan Calon Konsumen

Mempengaruhi dan Cara Meyakinkan Calon Konsumen. Dalam dunia marketing kita mengenal banyak strategi dan hal teknis yang tujuannya tidak lain adalah menarik perhatian, mempengaruhi, meyakinkan dan ujungnya membuat konsumen membeli produk atau menggunakan jasa di bisnis kita.

Pertanyaan Anda Pasti: Adakah Kata – Kata yang tepat Untuk Mempengaruhi Konsumen atau Pelanggan?

Sebelum kesitu, kita bahas dulu hal berikut ini.

Mengenal Traffic dalam Bisnis

Kalau anda belajar tentang trafik atau lalu lintas dalam bisnis online maupun offline maka akan anda temukan sebuah pola.

Katakanlah anda memiliki sebuah produk baru, maka tugas pertama anda adalah mendatangkan orang dengan cara menarik perhatian calon pembeli.

Pada tahapan pertama ini anda harus memulai dengan menarik perhatian orang untuk datang ke bisnis anda.

1. Mendatangkan trafik

Kalau di bisnis online tentu anda akan menggunakan banyak pilihan kanal promosi ataupun plattform untuk berpotensi mendatangkan banyak orang.

Yang paling sering tentunya adalah sosial media, seperti facebook dan instagram. Alasan orang menggunakan sosial media pastinya penggunanya sangat banyak.

Kalau anda promosinya di instagram, maka potensi untuk menjangkau market yang sesuai tentu dari #hastag yang tertarget, kalau anda menggunakan facebook ads misalnya pasti menggunakan interest yang tepat.

Jadi, sosial media itu adalah pintu masuk orang tahu tentang bisnis anda.

2. Mengkonversi Trafik

Pada step ini anda akan harus mengeluarkan effort yang lebih. karena tidak semua orang yang mengunjungi bisnis anda pasti tertarik untuk membeli.

Jika anda sering jualan di sosial media, pasti anda pernah merasakan kondisi dimana postingan anda ramai dengan komentar, yang like banyak yang share apalagi tapi closinganya sangat sedikit bahkan tidak ada.

Ibaratnya, ada sebuah rumah makan dipenuhi orang tapi hanya numpang wifi atau singgah ngantri di toilet dan tidak makan di tempat itu.

Nah, kalau anda menggunakan sosial media maka ada beberapa skill teknis yang harus anda kuasai.

Misalnya, teknik closing, copywriting, softselling, story telling dan masih banyak lagi.

Ilmu teknis diatas sangat diperlukan untuk merubah pengunjung menjadi pembeli. Adapun kata – kata yang ampuh kata-kata untuk meyakinkan konsumen ataupun cara mempengaruhi konsumen untuk membeli produk kita dengan tulisan tentu bahasannya sangat detail.

Akan dibahas pada tulisan berikutnya…

Intinya di step ini anda harus mengkonversi trafik menjadi buyer

3. Merubah Buyer Menjadi Customer

Ingat, pembeli atau buyer bukan customer (pelanggan). Orang yang baru membeli sekali produk kita itu namanya buyer atau pembeli.

Bisa jadi setelah mereka membeli ternyata ada kekecewaan. Entah itu dari sisi produknya, pelayanannya atau faktor lain.

Nah, trik anda agar mereka menjadi pelanggan anda adalah membuat mereka ingin kembali lagi dengan cara misalnya:

Menawarkan diskon khusus. Sehingga mereka merasa spesial dan mendapatkan perhatian spesial dari anda

Menggali kebutuhan lain mereka.

Misalnya dengan membuat survey pelanggan, dengan begitu anda bisa menjual produk lain yang serupa sesuai dengan kebutuhan mereka

Menawarkan paket bundling.

Jika anda memiliki banyak produk, maka buatlah sebuah bundling produk dengan harga yang cukup terjangkau

Nah, beberapa langkah diatas adalah contoh trik yang anda bisa gunakan untuk membuat orang datang lagi dan menjadi pelanggan bisnis anda.

Sehingga harus anda fahami bahwa keputusan orang untuk membeli itu melewati banyak proses sebelum mereka membeli produk anda.

Meyakinkan Calon Konsumen Untuk Membeli Produk Kita

Saat kita memulai bisnis online, kita akan selalu membutuhkan sebuah platform yang bisa digunakan untuk melakukan penjualan.

Kita bisa menggunakan, media sosial, market place dan web sendiri.

Namun, mana yang bisa dianggap paling ampuh?

Yang paling mudah dan masif digunakan adalah sosial media, lebih tepatnya facebook dan instagram

Sekarang, coba anda posisikan diri sebagai pembeli.

Jika anda mencoba membeli sebuah produk, anda akan masuk ke media sosialnya.

Setelah itu anda akan melihat intensitas postingan. interaksi dalam setiap postingan serta kejelasan informasi produk & bisnisnya.

Kenapa seperti itu?

Karena anda sedang berusaha meyakinkan diri untuk percaya pada produk atau bisnis tersebut.

Maka tidak bisa dipungkiri bahwa trust (kepercayaan) adalah alasan kuat orang membeli sebuah produk.

Bila saat ini anda memutuskan menggunakan media sosial sebagai platform untuk penjualan anda, maka pastikan ke 3 hal berikut ini terpenuhi.

Intensitas postingan
Interaksi postingan
Informasi akun

Selain dari sisi pengguna, sosial media memiliki yang namanya algoritma. Semakin banyak interaksi maka semakin sering postingan kita muncul ke orang lain.

Untuk memperbanyak interaksi tentu harus menghadirkan postingan setiap hari, dan bukan hanya itu saja, postingan anda harus menarik, jangan melulu jualan karena pada dasarnya orang tidak ingin dijuali sekalipun mereka butuh.

Caranya adalah dengan membuat postingan edukasi dan softselling, sehingga lebih terterima oleh audience anda.

Masalahnya saat ini adalah kadangkala kita sulit konsisten. Boro-boro mau design postingan di instagram, cari waktu buat posting konsisten sangat susah.

Bagi pemilik bisnis, mengurusi sosial media tentu menyita waktu yang cukup banyak.

Saat Mau fokus penjualan, produksi malah terbengkalai. Giliran lagi asik produksi, penjualan mampet, akhirnya stok menumpuk.

Benar -benar susah untuk bagi waktunya..

Apalagi harus posting setiap hari, belum lagi mencari ide postingan, membuat copywriting, gambar pendukungnya, riset hastag dan masih banyak lagi…

Kalau mau instan, ya tentu harus gunakan iklan berbayar seperti facebook ads, instagram ads ataupun google adwords.

Sekali posting iklannya jalan 1×24 jam, namun anda harus sediakan budget yang tidak sedikit.

Tapi kalau anda mau bermain sosial media secara organik maka kata kuncinya anda harus KONSISTEN. Sebab algoritma yang ada di sosial media menuntut kita seperti itu.

HARUS KONSISTEN…

Konsisten Posting Setiap hari
Konsisten Buat Konten
Konsisten Bangun Interaksi
Konsisten Mencari ide ide baru
dan masih banyak lagi yang harus anda perbuat.

Jika anda mengalami kondisi tersebut boleh menggunakan jasa pihak lain, seperti yang sudah terpercaya jasakelolasosmed.com

Kontennya bisa disesuaikan dengan kategori bisnis anda, anda pun bisa hemat karena tidak perlu menggaji beberapa orang seperti admin posting, conten writer dan desainer grafis.

Selain Membuat Konten Untuk Postingan, Mengoptimasi Setiap Postingan, Melengkapi dengan Hastag yang Relevan, Membuat Copywriting, Menata Bio Profile Instagram dan Fanpage Anda Menjadi Lebih Keren.

Dengan begitu anda bisa punya banyak waktu untuk mengembangkan bisnis, memperluas networking, mengurusi karyawan dan hal lainnya.

Nah, semoga anda makin tahu bagaimana dan langkah apa yang harus dilakukan dalam bisnis sebagai upaya meyakinan calon konsumen pada bisnis anda.

Untuk postingan selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara menkonversi trafik menjadi buyer.

Semoga bisnis anda makin bertumbuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *